Saturday, June 20, 2015

Candi Plaosan Malam Hari

550D, 35mm, f/4.5, 13s, ISO 800
Candi Plaosan ini biasanya didatangi para pemburu sunset pada sore hari. Tapi ternyata keindahannya bisa juga diabadikan pada malam hari. Meskipun cahaya lampu penerangan candi ini cukup terang, kita masih bisa mendapatkan background benda-benda langit yang cukup terang seperti Bulan, Venus dan Jupiter.

Untuk bisa mendapatkan foto seperti contoh ini, kita harus mempelajari kapan benda-benda langit yang terang itu muncul dan tenggelam. Kita bisa menggunakan software seperti Stellarium untuk mengetahui waktu dan posisi benda-benda langit tersebut.




550D, 18mm, f/3.5, 30s, ISO 1600
Kita juga bisa memotret galaxy bimasakti atau milkyway di sekitaran candi Plaosan  ini, walaupun kalo menurut saya polusi cahaya yang disebabkan oleh lampu candi ini cukup mengganggu. Untuk exposure 30 detik dan ISO 1600 seperti biasa kalau kita memotret bimasakti, maka kita akan mendapatkan gambar dengan lampu candi yang sangat terang.
Foto ini sudah sedikit diolah di Lightroom agar bimasakti bisa lebih terlihat. Saya belum cukup mahir untuk bisa membuat penampakan bimasaktinya lebih jelas lagi. Jika anda pintar mengolahnya, mungkin bisa memdapatkan gambar yang jauh lebih bagus dari ini.

Mari memotret :)

Foto lain:

No comments:

Post a Comment