Wednesday, July 22, 2015

Menambah atau Mengubah Data Pribadi pada EXIF Canon

Hampir semua photo yang dihasilkan oleh kamera mempunyai data-data seperti kecepatan shutter, aperture, ISO dan lain-lain yang biasanya disebut dengan data EXIF.
Kali ini saya akan membahas sedikit tentang data EXIF "Owner Name" pada kamera Canon EOS 550D, seperti pada gambar di samping. O iya, gambar ini adalah screenshot dari data exif yang ada di flickr. Jadi jika kita upload photo ke flickr, biasanya data exif photo kita akan bisa dilihat.

Ada 3 data exif yang bisa di custom pada kamera 550D saya, yaitu Author, Copyright dan Owner Name. Untuk Author dan Copyright kita bisa mengubahnya langsung dari kamera. Berikut penampakannya:



Silakan anda utak-atik kamera anda jika anda belum mengetahui hal ini :)

Ok, kita lanjutkan. Khusus untuk data Owner Name, kita tidak bisa menambahkan atau mengubahnya dari kamera. Kita membutuhkan komputer, kabel data, dan software EOS Utility. Eos Utility ini bisa diinstall melalui CD yang disertakan dalam paket pembelian kamera sampeyan.

Cara mengubah dara Owner Name:
1. Hubungkan kamera ke komputer melalui kabel data.
2. Hidupkan kamera
3. Jalankan EOS Utility, pilih Camera Settings / Remote shooting


4.Pilih tab ber-ikon palu dan kunci inggris, dan silakan tambahkan atau edit data Owner's Name-nya


Semoga petunjuk di atas cukup jelas ya teman² :)

Trus apa kira-kira manfaat dari ketiga data tadi?
1. Buat gaya-gayaan :p
2. Buat menangkap pencuri, seperti pada cerita ini: http://petapixel.com/2015/07/09/photographer-recovers-15k-in-stolen-gear-thanks-to-exif-copyright-info/.

Sekian dulu postingan kali ini. Semoga bermanfaat :)

2 comments: