Tuesday, June 9, 2015

Embung Kebun Buah Nglanggeran, Lokasi berburu Sunset

Embung Kebun Buah Nglanggeran
Kali ini saya posting tentang lokasi berburu sunset indah lagi, yaitu Embung Kebun Buah Nglanggeran. Lokasinya ada di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.
Untuk peta, silakan lihat di sini.

Untuk bisa sampai ke Embung Nglanggeran ini, jika dari jogja, arahkan kendaraan anda ke arah Wonosari. Di ujung tanjakan bukit Patuk, belok ke kiri ke arah Ngoro-oro, selanjutnya akan ada petunjuk jalan menuju lokasi. Kalo bingung... tanya saja sama warga sekitar atau ajak saya juga boleh :).
Tapi jika menggunakan sepeda motor, saya lebih suka lewat jalur tanjakan Petir, jalannya sepi dan jarak tempuh lebih pendek jika dibandingkan saat lewat bukit Patuk walaupun jalannya agak lebih sempit dan sedikit lebih terjal :).
Sepertinya belum ada kendaraan umum yang bisa mencapai Embung Nglanggeran ini, jika tidak punya kendaraan sendiri, silakan gunakan jasa travel atau rental kendaraan. Ada cukup banyak penyedia jasa ini di Jogja, silakan hunting di google :).

Harga tiket masuk saat saya ke sana 5 Juni 2015 adalah Rp 5000 per orang, dan biaya parkir motor Rp 2000. Maaf, untuk tarif parkir mobil saya belum tahu :). Untuk lokasi parkir sangat luas, jadi jangan takut tidak kebagian tempat, Bahkan untuk ukuran bis besar pun tidak akan masalah.

Memotret di Embung Nglanggeran ini agak sedikit tricky, apalagi jika hanya mempunyai lensa kit 18-55mm. Untuk mendapatkan foto seperti di atas, saya harus menjahit beberapa foto menjadi panorama, karena 18mm di 550D masih kurang lebar. Foto di atas mengarah ke barat daya, cenderung ke selatan, jadi tidak bisa berhadapan langsung dengan sunset.

Berikut ini adalah foto-foto yang langsung menghadap matahari, hanya sedikit bagian embung yang tercover :)

Sunset Embung Kebun Buah Nglanggeran Sunset Embung Kebun Buah Nglanggeran
Sunset Embung Kebun Buah Nglanggeran Sunset Embung Kebun Buah Nglanggeran


O iya, selain bisa difoto dari area embung, kita juga bisa memotret embung ini dari puncak Gunung Api Purba Nglanggeran, tapi karena jaraknya yang cukup jauh, kita harus menggunakan lensa yang cukup panjang. Dan maaf, saya belum punya foto yang dari puncak, mungkin lain kali ya :)

Nah... buat teman-teman semua, silakan kunjungi Embung Kebun Buah Nglanggeran ini, minimal sekali dalam hidup anda, supaya tidak penasaran :). Silakan explore angle-angle lain untuk mendapatkan foto yang lebih keren lagi. Selamat jalan-jalan.

1 comment:

  1. wah fotonya bagus-bagus. tulisan di blog juga baik, ringan.
    saya juga pernah menulis tentang Embung Ngelanggeran tapi dari sudut penulisan yang berbeda. namun untuk foto sepertinya kuran diasah he
    berikut linknya http://akubisaberkarya.blogspot.com/2015/01/karena-ini-tahun-baru.html
    jika berkenan mengunjungi, saya sampaikan terima kasih :D

    ReplyDelete