Wednesday, April 15, 2015

BSOD - Magic Lantern April Fool Prank

Source gambar: Petapixel
Selera humor para developer Magic Lantern ternyata cukup gila. Mereka nekat membuat lelucon April Mop berupa error Blue Screen of Death pada kamera yang terinstall Magic Lantern (sepertinya hanya pada versi Nightly Build) dan menyebabkan beberapa pengguna Magic Lantern cukup gusar dengan lelucon ini seperti disampaikan di sini, di sini dan di sini.

Ya... memang cukup menjengkelkan karena kamera akan error BSOD tanpa bisa diduga atau dianalisa. BSOD muncul secara acak. Saat terjadi, kamera akan menampilkan BSOD selama sekitar 30 detik, dan kamera tidak bisa diapa-apakan. Semua tombol tidak berfungsi, bahkan kamera belum mau mati sebelum 30 detik. Beberapa user (termasuk saya) mencoba prosedur seperti saat error biasa seperti melepas baterai, melepas memory card, bahkan lepas lensa. Setelah kamera dihidupkan kembali, kadang semua berjalan normal, namun jika sial, BSOD akan muncul lagi.
Ya... BSOD itu hanyalah lelucon. Sebenarnya tidak ada yang error pada kamera. Sebenarnya developer Magic Lantern sudah memberikan sedikit petunjuk pada BSOD tersebut, karena kita diminta memotret kalender dan fokus pada tanggal hari ini (1 April). Untuk mereka yang "cerdas", akan segera mengubah pengaturan tanggal pada kamera menjadi 2 April misalnya. Tapi buat mereka-mereka yang tidak mengerti, tentu saja lelucon ini sangat menjengkelkan.

Pelajaran yang bisa kita ambil dari kejadian ini adalah ada kemungkinan April Fool tahun depan muncul lelucon-lelucon lain yang mungkin bakal menjengkelkan. Mari kita hadapi dengan kepala dingin :).

Update: Berikut ini adalah penampakan dalam bentuk Video

No comments:

Post a Comment