Wednesday, April 15, 2015

Full Resolution Silent Picture Magic Lantern

Full Resolution Silent Picture adalah salah satu fitur baru dari Magic Lantern yang berguna untuk mengambil foto tanpa menggerakkan fisik mekanis shutter, kita misalkan seperti screenshot pada layar komputer atau smartphone. Walaupun proses pengembangannya sudah cukup lama, namun baru pada April 2015 fitur tersebut digabungkan pada Magic Lantern versi Nightly Build. Jika kita ingin mendapatkan fitur ini, bisa download versi nightly di http://builds.magiclantern.fm.

Karena dalam proses pengambilan gambar tidak terjadi pergerakan fisik shutter, sudah tentu fitur ini akan menghemat shutter count kamera. Penghematan ini akan sangat berguna untuk mereka yang suka membuat timelapse namun kurang nyaman dengan resiko semakin cepat rusaknya fisik shutter.


Beberapa hal yang harus diketahui tentang fitur ini:
  • Pengaturan shutter speed hanya bisa antara 1/10 detik sampai 0.8 detik. Dengan adanya hal ini, tentu saja akan mempengaruhi tingkat ketajaman foto karena dengan shutter speed yang cukup rendah, kemungkinan terjadinya motion blur semakin besar. Dan untuk pengambilan foto di siang hari, ada baiknya siapkan ND filter untuk mencegah over exposure.
  • Kamera harus berada pada posisi Live View. Kemungkinan terjadi pemborosan baterai karena Live View tentu saja membutuhkan daya yang lebih besar. Untuk penggunaan saat timelapse, mungkin akan membuat kamera lebih cepat panas karena kamera akan berada pada posisi live view terus.
  • Settingan kualitas foto harus RAW.
  • Hasil foto berupa file DNG (Digital Negative). Kita tidak bisa melihatnya menggunakan fitur kamera seperti jika kita mengambil foto secara normal. File ini hanya bisa dilihat menggunakan fitur Magic Lantern yang lain yaitu File Manager dan Picture View. Ukuran file DNG ini cukup besar, sekitar 31 MB pada 550D, mungkin akan berbeda pada tiap kamera. File DNG ini adalah file RAW yang benar-benar masih mentah, diambil langsung dari sensor kamera tanpa melalui proses pembuangan hot/dead pixel, noise reduction atau kompresi. File ini bisa diedit menggunakan Photoshop, Lightroom atau program lain yang bisa mengolah RAW file.
  • Pada 550D, posisi lensa harus pada mode manual, karena tombol setengah shutter yang biasanya digunakan untuk autofocus akan digunakan oleh Magic Lantern untuk mengambil FRSP ini. Mungkin jenis kamera lain juga harus manual mode.
  • Gunakan manual mode pada kamera.
  • Aktifkan pengaturan "Expo. Override" dari Magic Lantern agar aperture lensa bisa membuka atau menyempit sesuai settingan kamera. Jika fitur ini tidak diaktifkan, maka saat pengaturan aperture diubah, aperture lensa tidak akan bergerak walaupun tampilan LCD berubah dan akan mengakibatkan kemungkinan overexposure karena aperture akan selalu pada bukaan terbesar.
  • Proses penyimpanan gambar akan membutuhkan waktu 5-10 detik, harap bersabar :). 
  • Fitur ini bisa digabungkan dengan fitur Dual ISO dan Timelapse (Intervalometer)
 Cara menggunakan  Full Resolution Silent Picture:
  1. Install Magic Lantern nightly build terbaru.
  2. Aktifkan modul Silent Picture, File Manager dan Picture Viewer (untuk meluhat hasil), untuk pengaktifan pertama kali, restart kamera terlabih dahulu.
  3. Aktifkan fitur Silent Picture.
  4. Pada posisi menu Silent Picture, pencet tombol Q pada kamera kemudian pada Silent Mode pilih Full-res.
  5. Aktifkan Expo. Override.
  6. Keluar dari ML, lalu aktifkan Live View. Gunakan tombol shutter setengah untuk mengambil foto.
Untuk melihat file DNG di kamera, gunakan fitur file manager.


Sementara sekian dulu, jika ada tambahan akan di edit :). Selamat memotret.

O iya, untuk memantau perkembangan fitur ini, silakan main² ke forum ML: http://www.magiclantern.fm/forum/index.php?topic=12523.0

No comments:

Post a Comment