Monday, April 20, 2015

Cara Membuat Video Timelapse StarTrail

Startrail adalah foto yang dibuat dari gabungan banyak foto-foto bintang yang diambil dengan interval waktu yang tetap dan hasil akhirnya berupa garis-garis melengkung seperti terlihat pada gambar ini.
Untuk video startrail, video akan berupa proses saat bintang-bintang masih berupa titik hingga menjadi garis seperti pada gambar.
Alat dan Bahan:
  1. Kamera untuk memotret bintang.
  2. Intervalometer, bisa berupa hardware atau bisa juga menggunakan fasilitas Magic Lantern
  3. Software StarStax untuk menggabungkan foto-foto menjadi Startrail, silakan download di sini.
  4. Software video editing untuk menggabungkan hasil StarStax menjadi video.

Langkah Pembuatan:

  1. Potret dulu bintangnya, dengan jumlah sesuai yang diinginkan. Sekedar untuk gambaran, untuk menghasilkan video dengan durasi 6 detik maka kita membutuhkan 6x25 = 150 foto (dengan settingan 25 FPS). Semakin banyak jumlah foto semakin bagus, karena akan lebih fleksibel saat membuat video.
  2. Setelah foto-foto dibuat, kemudian diolah di StarStaX. Masukkan semua foto ke StarStax dengan cara drag dari explorer kemudian drop di StarStax. Selanjutnya, ubah pengaturan StarStax pada bagian blending, aktifkan pilihan "Save after each step". Untuk "Output folder" bisa menggunakan pengaturan default bisa juga buat folder baru.
  3. Mulai proses pembuatan startrail dengan tombol Start Processing atau dari menu Edit > Start Processing atau gunakan shorcut Ctrl + P. Tunggu beberapa menit sampai prosesnya selesai.
  4. Setelah proses selesai, kita akan mendapati file-file foto baru dengan jumlah yang sama dengan file-file foto hasil kamera. Nah... file-file inilah yang akan diimport ke video editor untuk dijadikan video, silakan diedit sesuai keinginan :)

Demikian dan terimakasih



Keterangan Gambar:
1. Klik icon gear untuk membuka jendela pengaturan
2. Aktifkan "Save after each step"
3. Untuk mengubah "Output folder"
4. Icon untuk "Start Processing"

Update: versi Video

1 comment:

  1. gawe video juga bisa pake software ini ya..
    hmm melu njajal

    ReplyDelete