Wednesday, April 15, 2015

Magic Lantern Dual ISO

Dual ISO adalah salah satu fitur dari Magic Lantern yang berguna untuk mendapatkan foto dengan dynamic range lebih tinggi daripada foto standar kamera.

Cara kerja fitur ini adalah: kamera akan kita suruh mengambil foto dengan dua iso berbeda di tiap baris pixelnya. Misal pada baris pixel ganjil (1,3,5,7...) akan menggunakan ISO 100, dan pada baris pixel genap (2,4,6,8....) akan menggunakan ISO 800. Bisa juga menggunakan ISO 100-1600, 100-400, dan lain-lain.

Hasil foto dengan fitur ini akan bergaris-garis karena exposure tiap baris berbeda. Dan mari kita anggap bahwa fotonya belum layak digunakan secara langsung. Foto hasil Dual ISO ini harus diolah dulu di komputer menggunakan program yang sudah disediakan oleh developer Magic Lantern yaitu cr2hdr atau cr2hdr-20bit.

Foto yang sudah "dinormalkan" menggunakan program tersebut berupa file DNG. Dan jika dibandingkan dengan file RAW biasa (tanpa Dual ISO) maka hampir tidak ada perbedaan secara kasat mata. Namun jika kita mulai menaikkan exposure (membuat shadow lebih terang), maka akan terlihat jelas bahwa RAW biasa akan jauh lebih noise dibandingkan dengan hasil Dual ISO.


Untuk memantau perkembangan fitur ini selakan ke forum Magic Lantern.

Berikut ini beberapa contoh hasil jadi dari fitur Dual ISO (dipublish di forum ML):

No comments:

Post a Comment