Thursday, April 16, 2015

Fader ND - Komponen Pelengkap Segitiga Exposure

Source gambar: Ebay
Sebagian besar dari kita tentu sudah mengenal yang namanya Segitiga Exposure yang terdiri dari Shutter speed, Aperture, dan ISO. Ketiganya saling berkaitan satu sama lain, tidak bisa dipisahkan. Mengubah pengaturan salah satunya tentu akan mengubah exposure hasil. Kita juga tahu bahwa Shutter speed tidak hanya berpengaruh pada exposure tapi juga pada motion blur, Aperture mempengaruhi dengan Depth of field, dan ISO berpengaruh pada noise.

Untuk kasus-kasus tertentu, segitiga exposure saja belum cukup untuk menghasilkan gambar seperti yang kita inginkan. Misal, kita ingin memotret air terjun dengan slow speed di siang hari, tentu prioritas utama adalah pengaturan shutter speed, misal kita ingin menggunakan 5 detik. Untuk mendapatkan exposure yang sesuai mungkin kita akan berusaha menggunakan ISO 100, aperture F/22, namun ternyata hasil yang didapatkan tetap terlalu terang / over exposure. Solusinya adalah dengan menggunakan ND filter yang sesuai. Jadi jika kita menggunakan ND filter yang sesuai maka dengan pengaturan Shutter 5 detik, F/22, ISO 100, kita akan mendapatkan hasil akhir akan pas.


Ada 2 jenis ND filter. Yang pertama adalah ND filter dengan nilai tetap, misal 2 stop, 4 stop, 6 stop dan lain-lain sesuai singkat kepekatannya. ND filter kedua adalah Fader ND, ND jenis ini mempunyai nilai yang bisa kita atur sesuai keinginan, biasanya bernilai 2-10 stop. Keduanya tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tapi masih seperti hukum standar, biasanya kalau harganya lebih mahal maka hasilnya cenderung lebih bagus.

Saya lebih memilih Fader ND karena fleksibilitasnya. Dengan hanya memiliki 1 filter saja saya bisa mendapatkan beberapa stop sekaligus. Fader ND ini juga lebih mudah diatur karena kepekatannya tidak fix. Jika ND biasa hanya 2, 4, atau 6 stop misalnya, maka dengan Fader ND kita bisa mendapatkan 2½ atau 3¼, sangat fleksibel.

No comments:

Post a Comment