Wednesday, April 15, 2015

Linux Untuk EOS kamera ? Kenapa Tidak

Source: Magic Lantern Forum
Linux Untuk EOS kamera ? Kenapa Tidak. Itulah kalimat pembuka yang disampaikan tim developer Magic Lantern pada 1 April 2015 yang lalu.
Ya... developer Magic Lantern sedang berusaha agar EOS kamera bisa menjalankan Linux seperti Linux live yang bisa berjalan di komputer tanpa melalui proses instalasi. Saat ini baru sampai pada tahap Proof of Concept, hanya sekedar membuktikan bahwa OS linux bisa berjalan walau masih error karena antara Linux dan hardware kameranya belum berkomunikasi dengan baik.

Karena pernyataan pertama disampaikan pada 1 April, sebagian besar pengamat dan pecinta Magic Lantern menduga bahwa hal tersebut merupakan April Fool / April Mop. Tapi hal itu sudah dibantah oleh para developer Magic Lantern. Linux untuk EOS ini adalah nyata, bukan candaan. Untuk memperkuat pernyataan tersebut, mereka sudah memberikan bukti berupa video, software yang bisa di download dan dijalankan, bahkan source code-nya juga sudah diberikan, dengan harapan akan semakin banyak developer yang ikut mengembangkannya.
Mari kita berandai-andai kemungkinan apa yang bisa terjadi jika Linux ini bisa berjalan sempurna di kamera.
1. Mungkin kita bisa mengconvert file DNG hasil Full Resolution Silent Picture ke JPEG.
2. Mungkin hasil DUAL ISO bisa langsung "dinormalkan" langsung di kamera.
3. Mungkin video output kamera berupa Prores 422.
4. Mungkin, mungkin, mungkin... mari kita berhayal :D

Untuk memantau perkembangan Linux untuk EOS ini, silakan ke http://www.magiclantern.fm/forum/index.php?topic=14847.0

No comments:

Post a Comment