Monday, April 27, 2015

Pengaruh Image Stabilizer lensa pada foto Bintang

Tahukah anda ini gambar apa ?
Ini adalah beberapa foto bintang, bukan dead pixel :).

Jadi ceritanya, beberapa waktu yang lalu saya ingin membuat timelapse pergerakan bintang dan sudah mendapatkan sekitar 150 foto. Dan setelah memperhatikan detail dari beberapa foto, saya melihat tiap foto mempunyai bentuk bintang berbeda.

Dengan pengaturan shutter speed 15 detik dan focal length lensa pada posisi 45mm, seharusnya bentuk bintang akan berupa trail (garis pendek), nah ini malah jadi bentuk aneh dan tidak konsisten, berbeda di tiap foto.

Jadi apa penyebab terjadinya bentuk aneh tersebut?

Jawabannya adalah karena IMAGE STABILIZER pada lensa dalam keadaan aktif.
Jadi gini, fungsi image stabilizer pada lensa itu untuk mencegah terjadinya motion blur pada saat kita memotret benda yang bergerak atau mencegah motion blur karena getaran tangan saat kita memotret handheld/tanpa tripod.

Pada kasus bentuk bintang yang aneh ini, saya menggunakan tripod dan timer (intervalometer) jadi tidak ada getaran pada kamera karena kamera tidak perlu disentuh untuk menekan tombol shutter. Masalahnya adalah: bintang itu bergerak. Dan image stabilizer ini mendeteksi adanya pergerakan itu dan berusaha mengikutinya. Tapi sepertinya gerakan image stabiliser ini tidak konsisten di tiap pemotretan sehingga akan menghasilkan bentuk yang berbeda di tiap foto. Kemampuannya mengikuti pergerakan juga tidak sempurna sehingga sering muncul bentuk-bentuk aneh.

Untuk foto bintang seperti ini, saya lebih suka kalo bintangnya berupa trail/garis daripada bentuk aneh seperti gambar di atas. Jadi untuk foto selanjutnya, sepertinya saya akan memilih untuk mematikan image stabilizer pada lensa saya.

Ini adalah gambar perbandingan foto saat Image Stabilizer aktif (kiri) dan Image Stabilizer tidak aktif (kanan)




Catatan: Bentuk aneh ini hanya terlihat saat kita memperhatikan secara detail (zoom 100%). Untuk penggunaan resolusi kecil seperti upload facebook atau blog sepertinya tidak akan berpengaruh karena tidak akan terlihat.

Cukup sekian dulu tulisan blog tentang Image Stabilizer dan bintang ini, maaf kalau penulisannya belepotan, masih belajar nulis nih :). Terimakasih atas kunjungannya.

No comments:

Post a Comment