Sunday, April 26, 2015

Dark Frame untuk foto Bintang dan Milkyway

Setelah memotret bintang atau milkyway, ada baiknya kalau kita membuat 1 foto tambahan berupa Dark Frame, yaitu foto yang dibuat dengan posisi penutup lensa terpasang dan dengan settingan yang sama dengan saat memotret bintang. Karena saat kita memotret dengan shutter speed lambat dan ISO tinggi, sebenarnya akan muncul titik-titik lain berwarna merah, biru atau putih yang disebabkan oleh dead/stuck/hot pixel dari sensor kamera.

Dead/stuck/hot pixel adalah pixel-pixel tertentu pada sensor kamera yang tidak bekerja secara sempurna sehingga akan memunculkan titik-titik berwarna merah atau biru atau putih. Kemunculan dead/stuck/hot pixel bisa dilihat pada Dark Frame tadi (gunakan zoom 100%, kemudian telusuri dari ujung kiri atas sampai ke ujung kanan bawah).


Terus apa hubungannya antara Dark Frame dan foto bintang ? Jadi dark frame ini nantinya akan kita gunakan untuk meminimalisir penampakan dead/stuck/hot pixel pada foto bintang kita dengan bantuan Photoshop. Mungkin ada software lain yang bisa digunakan, tapi maaf, saya belum tahu :).

Gambar ini adalah dead pixel yang muncul pada dark frame dan foto bintang, posisinya sama persis.

Langsung saja ke photoshop ya :)
Buka kedua file, posisikan dark frame berada di layer bagian atas.
Zoom 100% untuk melihat lebih detail.
Ubah blending mode pada dark frame menjadi Difference, dan ubah opacitynya menjadi 50%-60% (silakan cari nilai dengan hasil terbaik). Sebenarnya opacity 100% juga bisa menghilangkan pixel biru dan merah, tapi yang warna putih berubah jadi hitam, kalau opacity digeser ke 60% yang putih akan berubah jadi abu-abu. Silakan diubah sesuai selera :)

Perbandingan sebelum dan sesudah diperbaiki.









Sebenarnya si dead/stuck/hot pixel cuman kelihatan kalo melihat hasil foto secara detail (zoom 100% pada foto yang belum di-resize). Untuk foto yang hanya ingin ditampilkan di facebook atau blog dengan resolusi kecil sepertinya tidak perlu proses meminimalisir dead/stuck/hot pixel ini, jadi ya terserah mau diedit atau tidak :)

Semoga artikelnya berguna. Selamat memotret :)

No comments:

Post a Comment